Indonesia Sebelah Mana Bali?

Jangan terlalu skeptic menilai pertanyaan “Indonesia sebelah mana Bali?” sebagai suatu pertanyaan yang mengada-ada atau sekedar joke semata yang kerap dilontarkan oleh turis, bule atau yang acapkali kita sebut orang asing ketika kita mencoba memperkenalkan diri sebagai Orang Indonesia, karena pada kenyataannya memang begitulah yang sering terjadi.

Seperti halnya pengalaman Bapak Ahmad Faiz, seorang guru yang mengajar di Peguruan Al Hikmah Surabaya ketika mengikuti program BRIDGE ke Australia pada 2009. Saat pria berusia 27 Tahun itu memperkenalkan dirinya di depan kelas.

“Hello all, my name is Ahmad Faiz, I am from Indonesia. Are there among of you who've go to Indonesia?”

Tak ada satupun siswa yang mengacungkan tangan. Semua terdiam sepi tak ada jawaban. Seakan pertanyaan itu teramat asing dari antah berantah.

“ Okey, Are there among of you who've go to Bali?”

Hampir separuh siswa di kelas mengacungkan tangannya tinggi-tinggi. Dan ketika diminta bercerita di depan kelas dengan lancarnya mereka bercerita tentang pengalaman sewaktu berlibur ke Bali.

Bahkan salah seorang teman saya dengan rasa nasionalisme yang sangat tinggi serta semangat menggebu-ngebu bak Putri Duta Pariwisata Indonesia mencoba berbicara dengan seorang turis perempuan yang lagi duduk di pantai,

“You have been trip to Bali, why don’t you come around Indonesia. There are many beautiful tourist places you can visit?”

Turis itu seperti melihat makhluk alien yang tiba-tiba datang dengan pertanyaan aneh. Dengan dahi berkerut kemudian ia mengatakan,

“Where is Indonesia? Indonesia which is located adjacent to Bali?”

Teman saya melongo. Geblek banget.

Lha tempatmu duduk itu apa bukan Indonesia sih Bu? Gak diajari geografi juga tuh turis.


******


Saya lahir, besar, tinggal dan sekolah di Bali. Tentu saja saya juga bangga jadi gadis Bali. Meski begitu, kadang terbersit perasaan ironi dan rada sakit hati juga kalau melihat kenyataan- seperti itu.

Bayangkan, Bali dengan jumlah penduduknya 3.156.392 jiwa dan luas tak lebih dari seper enam pulau Jawa, seper dua belas Pulau Sumatra dan seper delapan belas Pulau Kalimantan mempunyai pertumbuhan perkapita yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan Pertumbuhan Perkapita Daerah di Seluruh Indonesia.

Pendapatan Perkapita tersebut paling banyak dari Sektor Pariwisata. Mungkin sama dengan Negara-negara lain yang mempunyai Pendapatan Perkapita tinggi lainnya, seperti Singapura, Hongkong, China, Australia yang menitikberatkan pada pembangunan di Sektor Pariwisata

Meskipun saat ini yang kita lakukan hanya bisa berandai-andai saja.

Tapi bukan tidak mungkin suatu saat kita akan menjadi Negara terkaya di Asia bahkan di Dunia dengan semakin meningkatnya pembangunan di Sektor Pariwisata.

Tak ada sesuatu yang tak mungkin.

Indonesia dengan Negara kepulauan terbesar di Dunia yang mempunyai 17.508 jajaran pulau. Luas Wilayahnya mencapai 1.9 juta mil persegi , terdiri dari bagian pulau-pulau dengan wisata yang indah, berbagai budaya yang beragam.

Tak kalah dengan menariknya Bali, tak kalah dengan Negara lainnya, seandainya saja lebih banyak dikenalkan ke seluruh penjuru dunia.

Lihat saja ini hal-hal yang Indah yang kerap terabaikan oleh mata seperti ini. Jika melihatnya dengan seksama maka kita tahu begitu banyak hal yang tersembunyi yang masih sangat pantas untuk dicari dan digali.



Ada yang mengira foto di atas adalah Negara Monaco? Bukan. Atau mengira adalah Hawai? Bukan juga. Ini adalah Bunaken. Taman Nasional Bawah Laut yang tersohor Indah di Manado.



Bila melihat gemerlapnya, apakah pasti dikira foto di atas adalah kota Amsterdam di Belanda? Atau mungkin ada yang mengira Roma atau Australia? Bukan semuanya. Itu adalah Bandara Sultan Hasanudin di Makasar.



Saat menjalani malam, bila berjalan di sepanjang jalan seperti disini. Kita pasti mengira sedang berada di Shanghai China atau sedang menonton Film Action Kungfu di Hongkong? Sama sekali tidak. Ini adalah Kya Kya yang terletak di sepanjang jalan Kembang Jepun Surabaya.



Jangan mengira foto di atas adalah view yang diambil dari jembatan romantis di kota Paris atau Roma. Atau jembatan di kota Hongkong dan Inggris. Salah banget. Ini adalah jembatan Rumpiang, sebuah jembatan kecil yang terletak di Kalimantan Barat.



Apalagi jika melihat foto di atas. Terpikir oleh benak kita, pasti kita sedang berada diperbatasan Negara Kanada. Atau Negara Bagian Amerika Florida. Bukan semuanya. Ini adalah jembatan Suramadu, jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura yang merupakan kebanggaan rakyat Indonesia.





Berpetualang menyusuri sungai yang disekitarnya di kelilingi belantara seperti foto di atas mungkin kita berkhayal sedang berada di sepanjang sungai Amazon yang very famously sebagai Belantara terhebat di dunia. Namun jangan salah, ini bukan hutan Amazon atau hutan Afrika lainnya. Ini adalah sepanjang sungai dan hutan di sepanjang Raja Ampat Daerah Papua.



Gak usah jauh-jauh deh, jangan mengira ini bangunan bersejarah di kota Roma atau Perancis. Ini adalah Gereja Kathedral terbesar di Jakarta, yang sayangnya seringkali jadi incaran para teroris sebagai sasaran peledakan bom menjelang malam Natal.



Pemandangan di atas bukanlah di Thailand. Pemandangan yang menarik dan akhirnya menjadi ikon sebuah stasiun Televisi Swasta di Indonesia adalah Pasar Terapung yang biasa ditemui sebagai pemandangan rutin di sepanjang sungai di Kalimantan Barat.




Mengira ini lomba perahu di Beijing China? Oh, tentu saja bukan. Ini adalah lomba perahu naga di propinsi Kalimantan Barat.

Kalau mau, masih banyak yang kegiatan budaya dan tempat wisata yang merupakan sister and brother dengan tampilan yang sangat mirip dengan Negara-negara lain. Kalau negara lain bisa seterkenal itu, kenapa Indonesia tidak?

Kalau ada yang masih meragukan itu adalah Indonesia. Let’s Visit Indonesia Year 2010.

Kita bantu promosikan Pariwisata Indonesia sepanjang yang kita mampu. Menjaga keamaanan dan ketentraman. Menjauhkan dari tindakan terorisme serta menjaga keindahan dan kelestarian alam.

Tapi…..

Jangan berkecil hati dulu, meski sekarang kita masih berandai-andai untuk menjadikan Pariwisata Indonesia menjadi tempat Pariwisata sepopuler Bali. Meski perkapita Indonesia masih sangat rendah dibanding Negara lain, ternyata Negara Indonesia telah tercatat sebagai Negara dengan penduduk pembeli Nokia E90 Comunicator terbanyak di dunia lho!




-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber :
1. Indonesia BG
2. Kick Andy
3. Wikipedia Tentang Bali
4. Wikipedia Nokia_E90_Communicator
5. Dinas Pariwisata dan Budaya
6. Indonesia Travel
7. Roy Saputra
8. Serta berbagai macam gambar dan pemetaan mesin pencarian google lainnya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Postingan ini dalam rangka mengikuti Ma Chung Blog Competition 2010 dengan tema “Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan”

At now, Admin currently following SEO Contest Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia provides by Toyota SEO Award Contest 2010

73 komentar:

  1. ayu.. tumben nih postingannya beda

    BalasHapus
  2. haa??jadi komentator pertama? bisa diajakin ke bali nih ma siitik :-))

    BalasHapus
  3. Ha ha ha . .
    Ternyata indonesia memang indah . .
    Seluruh keindahan dunia ada di indonesia . .
    Keren dah !

    BalasHapus
  4. Keren..., Opini si Itik patut diacungi jempol.
    Bisa 'serius' juga ya Neng..?

    BalasHapus
  5. Aku terkesan juga dengan Bandara Sultan Hasanudin di Makasar.

    BalasHapus
  6. Eh.., ini artikel utk kontes ya..? Semoga menang deh, Tik.. Bagus bener soalnya.

    BalasHapus
  7. yup.. Indonesia adalah sorganya dunia.. Uhuyy....

    BalasHapus
  8. ternyata negara kita mempunyai tempat2 yang sangat indah, tidak kalah dengan luar negeri.

    BalasHapus
  9. bandara Hasanuddin dirancang dan dibangun murni dari putra-putri Indonesia.

    BalasHapus
  10. indonesiakan emang surganya para turis, apa aja ada disini...

    BalasHapus
  11. wah kirain gambar sampan terakhir itu acara Pacu Jalur di kampung BLI emo di Taluk Kuantan.

    pelajaran geografi ternyata tidak diminati anak sekolah. harus bisa membaca peta buta, dll

    miris melihat orang Indonesia ngomong "Riau di sebelah mana Batam". Ini pertanyaan nyata dari saudara temenku (yg punya pendidikan tinggi) di Jawa beberapa tahun lalu. Baaaah Batam itu bagian dari Riau (waktu blom pisah propinsi).

    Pekanbaru adalah ibukota Propisi Riau.
    Taluk Kuantan adalah Ibukota Kab. Kuansing kampungnya bli emo.

    BalasHapus
  12. Ayu, merinding liat foto en ulasanmu itu...ngga nyangka yah Indonesia seindah itu....Good posting Yu....

    BalasHapus
  13. postingannya bagus... tapi aku ada info lagi nih tempat wisata bagus lain yang ada di jakarta, yaitu Pulau Tidung... masih berada di kepulauan seribu kalau mau kesana naik perahu dari muara angke selama 3 jam.... ga kalah juga sih sama bali bagusnya...hehehe (promosiiiiii, secara orang jakarta :D). btw aku follow ya blognya... jgn lupa berkunjung juga ke blog aku di tulisan-citra.blogspot.com, jangan lupa kasi komen....

    BalasHapus
  14. memang banyak keindahan alam di Indonesia yang mungkin bisa menyaingi atau bahkan melebihi keindahan alam yang terkenal di dunia. Sayang keindahan itu hanya terkubur sia-sia karena kurangnya perawatan dan minimnya promosi yang dilakukan. Seandainya kita bisa melakukan promosi besar-besaran yang dikemas secara apik sehingga kita bisa menunjukkan pada dunia seluruh keindahan Indonesia, mungkin hal itu akan menarik turis datang dan mengenal Indonesia, seutuhnya.

    BalasHapus
  15. aaah, indonesia ku tercintaaa, keren bangeet...
    nice posting.. jdi bersemangat mempromosikan indonesia :e:

    BalasHapus
  16. Ironis memang untuk indonesia..
    Kitalah yg harus bisa mempromosikan negara yg penuh dengan keindahan yg tak kalah dari negara2 di dunia..

    Aih..tumben neh postingan si itik..

    BalasHapus
  17. baGus nih posTinganx...

    uNTuk ikutan kompetisi kah tik ??

    taPi kok kamPungku nGGak ada ya di situ ??

    cekkkkk.....google.com....trus ketik SELAYAR...

    nah...di situ tuh ada Taman Nasional Takabonerate yang merupakan pulau atol terbesar kedua di dunia. Keindahannya gak kalah sama BUnaken. Itu Indonesia juga lho...

    hehehe

    BalasHapus
  18. :f:

    ikut prihatin dengan ketidak tahuan para turis itu...
    :r:

    tapi, aku juga baru tau lho ada banyak tempat wisata yang menarik di indonesia ini...

    BalasHapus
  19. waww..fantastikkk..
    Kalau saja Indoensia bisa mengeksplor semua itu...

    BalasHapus
  20. wah hebat ya,. meski miskin, tapi yang beli nokia, banyak,. hehehe

    BalasHapus
  21. ternyata banyak juga ya yang indah-indah di negeri kita ini....

    BalasHapus
  22. ::: wah.... sebagai alumnus arsitektur *katanya* aku sangat suka postingan yang ini.... dan ... kapan yah bisa bikin perhiasan indonesia yang maya tapi se keren mereka... ^-^v secara tanah indo udah cukup lah dirusak2... ^-^

    ::: makasih banyak postingan boleh dibaca... xixi ^-^v... dan happy blogging as usual ^-^v... itik bali nan semangat deh bloggingnya... selamat juga buat novelnya mba Fanny tuh ^_^ beruntungnyaaa.... tapi aku setuju ^-^

    BalasHapus
  23. Negeri ini penuh dengan keindahan yang luar biasa..

    BalasHapus
  24. betul betul indonesia bukan cuma Bali

    BalasHapus
  25. disekitar sini juga banyak dek yang indah2... :) memang tuh turis2 mesti belajar geografi dulu

    BalasHapus
  26. akh aku sangat bangga dengan indonesiaku,,,
    tentang pertanyaan yg sering dilontarkan oleh para turis yg kurang pengetahuannya akan geographis aku sangat iba,,,
    apa mereka yg bodoh atau entah indonesia yg kurang expose...

    mudahh2an kedepan kita lebih meningkatkan pengenalan akan indonesia, biar thu turis ga jd orang bego...

    indonesia,,,memang indah, dan kita semua patut mendukung potensi alam yg dimiliki oleh indonesia...
    dan mudah2an indonesia yg memegang sektor pariwisata terbaik di dunia,,,senoga saja..

    pic yg terakhir mengingatkanku sm negeriku, riau
    lomba perahu naga di propinsi Kalimantan Barat,
    kalo dikuansing ,riau lebih panjang jalurnya, dan sudah menjadi kebudayaan nasional.,dan lebih meriah perayaannya(hiks, promosi ni yeee)..sekedar info jha,haha.
    liat jha disini, http://wisatamelayu.com/id/object/62/34/festival-pacu-jalur-di-kuantan-singingi/&nav=geo

    ok deh, tetap semangat indonesia...
    salam langit gadis bali..

    BalasHapus
  27. Benar kat Budaywan Nasional Emha Ainun Nadjib, bahwa Indonesia sejatinya adalah sepenggal sorga dunia. Sorga seolah bocor dan mencipratkan kekayaan dan keindahannya, dan cipratan keindahannya itu bernama INDONESIA RAYA!

    Tapi kita memang telah tidak mensyukuri rahmat sepenggal sorga ini. Kita telah memboroskan anugerah ini dengan cocok tanam ketidak adilan dan panen-panen kerakusan...

    Suka dengan postingan ini. Sangat suka malah...hehe!

    BalasHapus
  28. ini postingan paling cerdas yg saya baca malam ini. ya, indonesia is full of beautiful place to be visited.
    mungkin bali itu kayak hawaii ya. kan penduduk hawaii ada sekitar 7 jutaan. 1 jutaan penduduk asli, selebihnya pendatang dari berbagai negara..

    BalasHapus
  29. sebenernya indonesia punya banyak tempat yg sangat indah, sayang tak terekspos

    BalasHapus
  30. Indonesia gitu lho...!! Masak gak mampu beli E90, mobil keluaran terbatu juga sanggup gitu lho...!!! *meskipun utang sana-sini*

    Negara ini, dengan sumber dayanya yang besar, namun sayang mati di tangan penghuni sendiri...Mudah2an tulisan di blog2 macam gini dapat menjadi viral perubahan ke arah yang lebih baik..amiin..

    BalasHapus
  31. wah...., Ngomongin soal pariwisata Indonesia belum begeitu banyak yang di expose.
    Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak pulau... dan objek pariwisata di Indonesia banyak yang belum di expose. karena semaunay memang kembali pada pak "DAna". Di Bali sendiri banyak lo objek pariwisata yang belum di expose..

    BalasHapus
  32. indonesia kalah tenar sama bali..hehhee...

    BalasHapus
  33. Keren tik.Ah kapan bisa wisata ke Bali lagi.Saya agak trauma sih,semenjak tragedi bom bali.Tapi masih ingin terus ke sana.

    BalasHapus
  34. alo itik kunjungan perdana ke blog ini langsung tambah jatuh cinta pada indonesia setelah membaca postingan ini.

    Indonesia ternyata bnr2 indah yaa....ayo kunjungi saja dulu seluruh pelosok indonesia,gak usah jalan2 keluar negri dulu hehe.... keren bgt ^_*

    BalasHapus
  35. Mbak..., makasih ya udah nyemangati Shasa... :y:

    BalasHapus
  36. postingan beda Tik, hebat!!

    kamu bisa menjadi seorantg yang serius hehe.

    kok air terjun di desaku ngga kecantum ya :b:

    BalasHapus
  37. aku bangga Indonesia
    aku bangga akan Bali, Senggigi, Gili, Toba, Bunaken dan tempat lainnya

    BalasHapus
  38. visit indonesia 2010
    ada videonya di blog saya :D

    BalasHapus
  39. tulisannya kereeeen!!
    top buat itik...

    maaf yah baru bisa berkunjung ^^

    BalasHapus
  40. wew,,,,di Indonesia ini blum smua tempat kudatengin...
    tapi aku udah pernah skali ke Bali...
    hehehehehe

    rencananya pengen hanimun juga di bali biar ktemu banyak bule...
    ^_^

    BalasHapus
  41. Wah...postingan yang menarik ni Tik.
    Andaikan aja ditranslate ke Baha Inggris.
    Ya..biar para bule matanya terbuka, melongo bacanya... Xiiixixix :D

    BalasHapus
  42. WAW..saya malah baru tau kalo negara Indonesia adalah negara pembeli E90 Communicator terbanyak di dunia.
    Keren yah...
    Yah...andai aja Jayapura bisa sepopuler Bali (Ngarep banget!), hahaha.... :D

    BalasHapus
  43. Pekanbaru disebelah mana bali Neng Itik? :g:

    BalasHapus
  44. Ayu postinganny serius banget :)

    Keren bahasanya, Yu. Runut...

    BalasHapus
  45. kalo menurut aku..padahal daerah2 lain itu banyak yang bagus,,cuma pemanfaatan dan bagaimana mengolah potensi wilayah itu menjadi suatu hal yang dapat "dijual" lah yang kurang dari tiap wilayah. sedangkan bali hal tersebut merupakan suatu hal yang biasa dan bahkan mungkin mudah saja..
    hehe..

    BalasHapus
  46. @ Cak Embun : Pekanbaru itu letaknya jauh dimata dekat dihati dengan Bali :p: :w:

    BalasHapus
  47. keren gambarnya. Dikirain ada di luar negeri hahaha.

    BalasHapus
  48. MANTAAAAAAAAAAP..!!! entah mengapa aku suka banget ama posting yang inil.. ^^ bener bange, TIk! Indonesia kaya, gak kalah ama luar negeri euy.. salut untuk Indonesia :)

    BalasHapus
  49. Pernah baca dimanaaaaa gitu, dulu sebelum indonesia getol banget promosiin negaranya, bukan bali. Orang luar negeri tuh taunya emang cuma bali.
    Secara dulu tuh yang gencar dipromosiin diberbagai negara, iklan-iklan yang muncul di bandara2 internasional atau agen-agen perjalanan diluar negeri lebih seringnya mengiklankan bali, Bukan Indonesia. Pantas saja sekarang orang luar taunya bali, bukan indonesia.
    Namun semenjak sekarang indonesia mulai menggencarkan sektor pariwisatanya baru deh iklan-iklan diluar sana meeksplotasi pariwisatan indonesia scara global.

    BalasHapus
  50. Itik, postingannya keren bangeettt....
    Emang kalo dijaga n dipromosiin secara baik dan dipelihara dengan apik, pasti akan banyak turis yang kenal dengan Indonesia... bukan cuma Bali... :d:

    BalasHapus
  51. Masih banyak eksotisme terpendam di negeri ini....Indonesia.....

    BalasHapus
  52. Yup Indonesiaku memang bukan Indonesia Indonesianan.

    BalasHapus
  53. Wow....
    I love Bali and Indonesia..
    salam kenal newbie :b:

    BalasHapus
  54. mantap postingannya... senang melihat orang bali promosi daerah lain dari indonesia... :salut:

    BalasHapus
  55. mantap.. sepertinya memang negara ini tidak serius menggarap pariwisatanya

    BalasHapus
  56. Wah bener2 info yg menarik nihhh... mantapfff !

    BalasHapus
  57. postingan ini sangat menggugah rasa nasionalisme dan bangga menjadi orang Indonesia....

    Hidup Indonesia

    BalasHapus
  58. wah si itik sekarang merambah ke dunia pariwisata nih?
    kalo belum ke gunungpati berarti belum ke semarang
    ayo mampir ke GUNUNGPATI hehehe

    BalasHapus
  59. owhhh tau tau, yang ini itik ikutan lomba ma chung ya? sip sip

    BalasHapus
  60. ini tugas kita untuk mempromosikan indonesia dengan lebih kretif dan positif
    masa kalah ma malaysia, india, singpore, vietnam
    yang notabene dulu negara2 itu berada dibawah indonesia
    ayo semangat !!!

    BalasHapus
  61. selamat telah jadi pemenang di kompetisi ma chung :)

    BalasHapus
  62. Hmmmmm....memang layak tulisan ini menjadi pemenang. Di manakah kita? Indonesia?!

    BalasHapus
  63. Salam persahabatan dari Blogger Borneo yang merupakan peserta Ma Chung Blog Competition 2010. Wah, jadi berangkat ke Ma Chung nih. Keep spirit for blogging bro...

    BalasHapus
  64. selamat ya telah jadi pemenang di kompetisi ma chung :)
    dan artikel ya Kreeen kita harus jagan indonesia dari Negara kita
    dan jagah juga ke indah ini :)

    BalasHapus
  65. saya orang indonesia, tapi belum pernah ke bali..

    oya, selamat yah atas kemenangannya...

    cek tulisan saya yang juga sebagai sekundus winner. :D

    BalasHapus
  66. Selamat atas kemenangannya menjadi sekundus winner Ma Chung Blog Competition..:y:

    BalasHapus
  67. Nice Blogs...
    Ayo rekan-rekan gabung di Sang Juara Peringkat Weblogs Indonesia, mari bergabung bersama rekan lainnya dengan cara mengetahui statistik pengunjung dan average indeks web anda untuk mengetahui perkembangan web/blogs anda secara real time dan akurat...

    ditunggu ya....
    salam hangat, admin...
    http://ranking.bumikupijak.com

    BalasHapus
  68. wwwwaaaaaaahhhhh............ serasa kembali "membuka" mata....

    BalasHapus
  69. aku memang baru tahu
    keren banget
    :y:

    BalasHapus

Maaf ya, karena banyak spammer dan anonim gak jelas komennya makanya harus melalui approval dulu.