Memiliki hunian yang indah tentu saja menjadi idaman semua orang. Dimana hunian yang indah akan sedap dipandang mata. Akan tetapi keindahan desain saja belum cukup membuat anda merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya jika saluran air dan juga sanitasinya mengalami permasalahan. Karena bagaimanapun hal ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran aktivitas anda sehari-hari. Maka untuk bisa memiliki saluran air yang baik, tentunya anda perlu mengetahui cara untuk mengaplikasikan sambungan pipa dengan benar. Sehingga dengan demikian sambungan untuk pipa air pada hunian anda tidak akan mudah bocor dan bisa berfungsi secara sempurna.

Sambungan Pipa Rucika

Sistem sanitasi dan juga sistem saluran air menjadi satu hal penting yang harus berjalan baik pada hunian anda. Dimana hal ini akan mendukung hunian yang efektif sehingga menjadi nyaman untuk ditinggali. Tentu saja hal ini akan bisa didapatkan apabila anda memperhatikan cara menyambung pipa secara tepat. Sehingga proses atau cara yang anda lakukan akan menghasilkan sambungan pipa yang mendukung lancarnya saluran air. Baik saluran air bersih maupun saluran sistem sanitasi. Karena memang masalah umum yang sering terjadi pada saluran air adalah terjadinya kebocoran maupun patahnya pipa. Sehingga menjadi penting untuk mengetahui cara menyambungkan pipa secara tepat agar tidak terjadi kebocoran saluran air.

Akan tetapi sebelumnya perlu juga bagi anda untuk memilih dan menentukan pipa yang berkualitas dan rekomended. Sebagai rekomendasi anda disarankan untuk memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan pipa untuk saluran air atau pipa yang digunakan untuk saluran limbah menggunakan jenis pipa yang berbeda. Karena bagaimanapun keduanya memliki fungsi yang berbeda. Pastikan anda memilih pipa dengan ukuran yang tepat, diameter yang tepat, ketebalan yang sesuai dan juga dengan daya tekan yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pastikan anda menggunakan pipa dengan bahan terbaik yang tidak mudah rusak dan busuk sehingga mampu bertahan dalam waktu yang lama. Pipa dengan permukaan yang halus juga menjadi rekomendasi untuk anda karena dengan permukaan pipa yang harus akan menghindarkan terjadinya penyumbatan pada saluran air di hunian anda.

Setelah menentukan pipa yang akan digunakan dengan kualitas terbaik sesuai kebutuhan anda, maka selanjutnya anda perlu memperhatikan cara dalam menyambungkan pipa. Melakukan sambungan pipa ini tidak bisa anda lakukan dengan sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa hal dengan teliti agar saluran air bisa berfungsi dengan baik. Karena kebocoran yang terjadi akan membutuhkan waktu yang lama dalam perbaikan. Pertama yang perlu anda lakukan adalah membersihkan atau mengelap pipa yang akan digunakan. Hal ini dilakukan agar lem yang akan digunakan untuk merekatkan pipa bisa berfungsi secara erat dan bagus. Karena kotoran yang menempel akan mengurangi daya rekat lem.

Kemudian yang kedua anda bisa mengamplas ujung sambungan pipa secara pelan dan hati-hati. Hal ini bertujuan untuk membuat ujung pipa menjadi kasar sehingga daya rekat lem nantinya akan maksimal. Akan tetapi perhatikan agar ampelas yang anda lakukan tidak menyebabkan pipa menjadi terlalu kasar karena hal ini akan membuat sambungan menjadi longgar. Dimana kondisi ini akan memicu terjadinya kebocoran. Setelah itu anda bisa mengoleskan lem pada permukaan pipa dan juga pada bagian dalam sambungan. Biarkan pipa selama beberapa menit menunggu lem menjadi agar kering agar lem bisa merekat secara erat. Baru setelah itu anda sambungkan pipa dengan memasukkannya secara berputar putar hingga masuk ke dalam. Setelah lem benar-benar telah kering maka pipa sudah siap untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *