AC sudah menjadi salah satu perlengkapan elektronik yang sudah lazim digunakan di beragai pusat perkantoran bahkan di rumah pribadi. Pendinginan udara yang membuat ruangan menjadi nyaman menjadi salah satu hal yang sangat nyaman dan diinginkan oleh para pemilik. Namun terkadang ada saja kendala di perlengkapan pendingin udara seperti AC. Salah satu kendala yang akan Anda hadapi dengan AC adalah AC yang bocor. Penyebab AC bocor ada beberapa hal. Apabila AC mengalami masalah maka Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setiap kali Anda ingin mengatasi  permasalahan AC yang bocor maka Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Sebelum Anda melakukan perbaikan terhadap AC, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab AC bocor yang Anda alami:

  • Penyebab pertama adalah pipa AC yang sudah terlalu tua. Pipa yang sudah terlalu tua tentu saja membuat AC tidak berfungsi dengan baik. Perawatan AC secara rutin memang sangat dibutuhkan oleh para pemilik AC. Sebab jika AC tidak dirawat dengan baik maka kemungkinan besar bagian pipanya akan memiliki masalah. Pipa yang jarang dibersihkan membuat pipa menjadi mudah berkarat. Jika pipa sudah berkarat, maka pipa akan mudah membuat AC menjadi bocor. Pipa yang sudah berkarat membuat AC menjadi mudah sekali bocor.
  • Proses instalasi AC yang kurang tepat. Memasang AC dengan posisi yang kurang tepat tentunya membuat AC tidak berfungsi dengan baik. Pemasangan AC dengan posisi yang benar memang menjadi kunci utama AC menjadi lebih awet. AC yang tidak dipasang dengan baik maka kemungkinan besar air akan menetes ke luar. Jika air menetes keluar maka akan membasahi lantai. Pada dasarnya jika instalasi AC tidak dilakukan dengan benar maka air akan lari menuju ke saluran pembuangan. Jika sudah berada di saluran pembuangan maka air akan menetes keluar. Jadi jika Anda ingin AC Anda awet, maka Anda harus melakukan  instalasi dengan benar dan baik.
  • Penumpukan debu dan juga pertumbuhan jamur yang merusak AC. Debu dan juga jamur yang menumpuk akan membuat sebuah sumbatan pada saluran pembuangan pada AC. Jika saluran pembuangan tersumbat maka air akan keluar ke jalur yang tidak normal. Penyumbatan pada saluran pembuangan tentu akan membuat air keluar dari bagian lain dari AC. Jadi apabila Anda tidak rutin membersihkan AC Anda dari debu dan juga jamur yang tumbuh dengan liar karena tingkat kelembaban tinggi pada AC tentunya AC Anda akan mudah sekali rusak. Selain akan merusak AC, debu dan jamur yang ada di dalam AC akan mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Debu dan kotoran akan mengganggu pernafasan Anda.
  • Penyebab terakhir adalah salah pilih saat beli AC. Dibanding menyesal ketika memakainya, Anda mesti tahu dahulu untuk membeli merek AC yang sudah terbukti. Pilihan utama adalah AC Gree yang setiap unitnya memiliki komponen evaporator kualitas A+ karena bagian-bagian punya lapisan Blue Fin yang berfungsi mencegah karat, korosi, dan kotoran yang menumpuk. Kondensornya juga miliki lapisan Gold Fin dengan fungsi yang sama seperti Blue Fin. Jadi AC bisa lebih dingin maksimal dam lebih awet tanpa bocor. Box electrical AC Gree miliki bahan berkualitas dan tertutup rapat. Mencegah masuknya air saat lakukan perawatan atau servis AC, dan terbuat dari bahan metal yang tidak mudah terbakar. Terlebih jika pilihannya jatuh pada AC Gree C3 Deluxe Series yang punya Triple Protection, di mana perlindungannya adalah anti bocor, anti api, dan anti temperatur tinggi.

Penyebab AC Bocor

Setelah Anda mengetahui penyebab AC bocor maka Anda harus melakukan berbagai upaya pencegahan supaya AC yang Anda miliki di dalam rumah tidak mudah rusak karena kebocoran. Kebocoran pada AC memang akan mengganggu sistem pendinginannya. Jadi setelah mengetahui penyebabnya maka Anda harus berupaya agar pendingin udara yang ada di rumah Anda bisa tahan dari kemungkinan kebocoran. Itulah yang harus Anda lakukan supaya Anda bisa membuat AC tidak mudah rusak. Sebenarnya penyebabnya adalah hal yang cukup sepele. Namun jika dibiarkan begitu saja akan membuat AC rusak parah dan AC tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *