Pastinya Anda ingin semua perabotan di rumah senantiasa awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tapi, karena tidak tahu cara merawatnya, kadang perabotan yang seharusnya bisa dipakai dalam jangka panjang justru lebih pendek umurnya alias mudah rusak. Seperti halnya sofa ruang tamu. Selain karena tidak bisa merawatnya dengan baik, material sofa juga mempengaruhinya.

Sudah menjadi rahasia umum jika harga sofa berdasarkan bahannya memang cukup bervariasi. Bahan dan harga ini menjadi salah satu tolok ukur kualitas suatu produk. Jadi jangan mengeluh jika Anda mendapati sofa berbahan kulit asli namun harganya mahal. Bahan kulit memang terkenal mahal karena kualitasnya juga bagus.

Harga Sofa Berdasarkan Bahannya

Agar sofa kulit lebih awet, perhatikan cara merawat sofa kulit di bawah ini.

Bersihkan debu pada sofa

Perawatan rutin pada sofa kulit yang pertama adalah dengan membersihkan sofa dari debu. Gunakan sikat berbulu halus sebagai alat utama untuk menghilangkan semua debu yang menempel. Bersihkan sofa seminggu sekali (jika sering digunakan).

Selain memanfaatkan sikat berbulu halus, Anda juga bisa menggunakan mesin penyedot debu. Manfaatkan bagian ujungnya yang halus, namun tetap hati-hati jangan sampai menggores permukaan kulit.

Aktivitas ini tidak hanya membersihkan sofa kulit dari debu-debu saja. melainkan partikel kulit mati atau kotoran lainnya juga bisa diatasi. Bersihkan secara menyeluruh, termasuk bagian celah-celahnya.

Lap sofa kulit

Setelah menyikat atau membersihkan debu yang menempel pada sofa, Anda bisa mengelap sofa kulit secara menyeluruh. Gunakan kain bersih berbahan lembut dan lembab. Untuk melembabkan kain bisa menggunakan air hangat. Pastikan kain tersebut tidak terlalu basah agar tidak merusak partikel kulit. Lakukan hal ini satu minggu sekali.

Oleskan pelembab khusus

Selain harus mengelapnya dengan lap lembab, Anda juga harus mengoleskan kondisioner atau pelembab khusus untuk sofa berbahan kulit. Baca aturan pakai pelembab tersebut agar hasilnya lebih maksimal.

Manfaatkan kain berbahan lembut untuk meratakan pelembab ini. Fungsi dari pelembab ini adalah untuk menjaga kelembaban sofa kulit serta mengembalikan kualitas material kulit sehingga tidak mengering atau pecah-pecah.

Jangan menaruh benda cair di atasnya

Agar pesona sofa kulit tidak hilang karena noda atau kotoran, usahakan untuk tidak menjadikan sofa sebagai tempat menaruh apapun yang sifatnya cair. Hal ini untuk mengantisipasi adanya tumpahan benda cair tersebut pada sofa. Kalaupun sudah terlanjur terkena tumpahan, segera ambil lap lembut lalu usap-usap hingga sofa mengering kembali.

Demikianlah beberapa cara merawat sofa kulit supaya tetap awet. Tapi jika sofa di rumah sudah terlanjur rusak, ada baiknya Anda sefera membeli yang baru. Harga sofa berdasarkan bahannya memang menjadi salah satu pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membeli sofa. Namun tetap saja, harga sebanding dengan kualitas. Jadi jika ingin sofa yang berkualitas, maka Anda harus rela mengeluarkan biaya lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *