Jangan lupa nonton pertandingan Islandia vs Indonesia ya! Belum beli tiketnya? Yuk beli di Bukalapak. Bukalapak merupakan mitra resmi jual tiket pertandingan timnas Indonesia vs Iceland yang memudahkan kamu dalam membeli tiket. Sebelum menonton pertandingan tersebut, ada baiknya kita mengetahui sejarah stadion GBK.

Gelora Bung Karno 2018

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah sebuah stadion serbaguna yang terletak di Jakarta, Indonesia. Stadion tersebut merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion tersebut pada umumnya sering digunakan sebagai arena pertandingan sepakbola tingkat internasional. Alasan dari penamaannya sendiri karena untuk menghormati Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama yang mana juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini.

Dahulu pada masa Orde Baru, nama stadion tersebut diubah menjadi Stadion Utama Senayan melalui Keppres No. 4/1984. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama Stadion ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001, yaitu Stadion Gelora Bung Karno.

Asal usulnya sendiri, stadion ini dibangun berawal dari Presiden Soekarno dalam menyambut peluang dengan menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan pesta olahraga akbar di Asia Games ke-IV. Setelah mendapatkan persetujuan, beliau langsung memerintahkan para bawahannya untuk segera merancang suatu kompleks pusat olahraga modern dan terlengkap sekaligus sebagai taman public dan ruang terbuka hijau.

Dengan kapasitas awal sekitar 120.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertamanya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Pada awal Februari 1960, Presiden Soekarno menancapkan tiang pancang Stadion Utama sebagai pencanangan pembangunan kompleks Asian Games IV, yang mana disaksikan oleh wakil perdana menteri Uni Soviet,Anastas Mikoyan. Pembangunan tersebut didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dola AS.

Stadion Utama Bung Karno ini sendiri memiliki keistimewaan, yaitu: ciri khasnya adalah atap temu gelang berbentuk oval, sumbu panjang bangunan (utara-selatan) sepanjang 354 meter, sumbu pendek (timur-barat) sepanjang 325 meter. Stadion tersebut juga dikelilingi oleh jalan lingkar luar (athletic tracks) sepanjang 920 meter, yang mana bagian dalamnya terdapat lapangan sepak bola berukuran 105 x 70 meter dengan lintasan berbentuk elis dengan sumbu panjang 176,1 meter dan sumbu pendek 124,2 meter.

Gelora Bung Karno merupakan satu-satunya stadion yang benar-benar berstandar internasional di Indonesia. Menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton. Pada Final Perserikatan 1985,Pertandingan Persib Bandung melawan PSMS Medan disini menjadi pertandingan amatir dengan attendance terbanyak yaitu 150.000 penonton, Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh PSMS Medan.

Dalam pengelolaan stadion tersebut, yayasan gelora bung karno sangat berperan penting, yang mana hingga saat ini masih dipercaya sebagai operator kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno. Pada era Yayasan Gelanggan Olahraga Senayan, terjadi banyak penyimpangan sehingga kawasan Gelora Bung Karna yang semulanya luasnya 279,1 hektar telah menyusut hingga tinggal 136,84 hektar (49%) saja. Dari jumlah yang 51%, 67,52 hektar atau sekiar 24,2% ari luas semula digunakan untuk berbagai bangunan pemerintah seperti gedung MPR/DPR, Kantor Departemen Kejutanan, Kantor Departemen Pendidikan Nasional, Gedung TVRI, Graha Pemuda, Kelurahan Gelora, SMU Negeri 24, Puskesmas, hingga rumah makan. Dan sisanya digunakan untuk beberapa hotel, pusat perbelanjaan, taman, dan berbagai bangunan yang lainnya.

Meskipun demikian, GBK tetap berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Hal ini dikerjasamai oleh Pemda DKI Jakarta disusun Rencana Induk Kawasan Gelora Senayan yang menetapkan Koefisien Dasar Bangunan maksimum 20 persen. Hal berbarti dari 80 persen dari luas kawasan tetap dipertahankan.

Ah berhubung ngomongin sepak bola nih, minggu depan pada tanggal 11 dan 14 Januari Indonesia akan bertanding dengan Islandia. Dan buat kamu yang kehabisan tiket secara offline, Bukalapak telah menjual tiket pertandingan timnas Indonesia vs Islandia loh. Grab it fast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *