Rekomendasi Alat Mainan Untuk Anak – Game edukasi anak bisa menjadi salah satu hadiah yang diberikan para orangtua kepada sang buah hati. Hadiah ini bisa menjadi media tumbuh kembang si kecil dalam meningkatkan daya kreativitas nanti. Ada baiknya orangtua benar-benar memperhatikan jenis hadiah yang akan diberikan. Pasalnya, anak usia 7 tahun merupakan usia peralihan dari kanak-kanak ke bangku sekolah dasar. Anda bisa menemani anak bermain untuk meningkatkan kepercayaan diri dan hubungan orangtua dengan anak.

Sebagai referensi, berikut 7 mainan edukatif yang bisa Anda berikan pada si kecil.

Game Edukasi Anak

  1. Alat lukis

Pada usia 7 tahun, anak-anak lebih suka menggambar sebagai media yang paling disukai. Anak akan belajar mengenal warna, bentuk dan belajar meningkatkan daya kreativitas lewat imajinasi menggambar. Game edukasi anak berupa buku gambar dan satu set crayon atau cat air akan membuat anak Anda belajar mengasah kepintaran akal dan sosial lho!

  1. Lego

Lego bisa diberikan kepada anak sebelum usia 7 tahun untuk mengembangkan kreativitas. Permainan ini bisa menjadi solusi mengenalkan warna, bentuk dan ukuran bangun ruang sejak kecil. Lego juga bisa menjadi mainan yang mengembangkan kemampuan khusus, pandai berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman bermain.

  1. Puzzle atau rubik

Jenis permainan puzzle atau rubik merupakan game yang bisa mengasah kecerdasan si kecil. Coba saja berikan puzzle menyusun gambarĀ  atau angka agar si kecil bisa lebih aktif dalam kepintaran akal mereka!

  1. Buku cerita

Membacakan dongeng untuk si kecil bisa orangtua mulai sejak ia berusia dini. Buku cerita bisa menjadi sarana terbaik mengembangkan daya imajinasi si kecil. Selain itu, ia akan belajar menjadi pribadi pendengar yang baik. Pada usia 7 tahun, Anda bisa memberikan buku cerita sebagai bahan untuk si kecil belajar lebih baik. Biarkan ia belajar membaca atau belajar melakukan role model sesuai alur cerita dalam buku. Lewat game edukasi anak ini, si kecil akan belajar berkomunikasi serta berbahasa. Tentu Anda harus selalu mendampingi, ya!

  1. Sepeda

Tak hanya kepintaran akal saja yang harus dikembangkan sejak dini namun kepintaran fisik tak kalah penting. Berikan hadiah berupa sepeda sebagai permainan yang paling disukai si kecil. Biarkan anak bebas bermain dengan sepeda sebagai bentuk keaktifan fisik. Anda hanya harus memastikan memberikan sepeda yang memiliki rantai dan spakbor sepeda dilengkapi pelindung demi mendukung keselamatan serta keamanan si kecil saat menaiki sepeda.

  1. Playpad

Salah satu jenis mainan canggih yang bisa berkembang menjadi sarana belajar paling efektif adalah playpad. Permainan ini cocok untuk anak yang telah mengenal gadget dan sulit dialihkan. Setidaknya playpad memberikan solusi permainan yang bisa menghilangkan kebiasaan anak bermain gadget. Anak akan belajar berbahasa, mengenal bacaan agama, fitur lagu dan lain-lain.

  1. Congklak

Jaman memang sudah modern sehingga game edukasi anak tradisional tak lagi dilirik anak-anak Milenial. Sebagai orangtua, Anda mungkin bisa memberikan referensi permainan tradisional yang lebih mendidik contoh congklak. Congklak akan memberikan edukasi permainan pada anak mengenai kesabaran menunggu giliran bermain, jujur, menerima kekalahan dan sebagainya. Anda tentu menginginkan kepribadian anak yang sesuai dengan etika moral yang baik, bukan?

7 rekomendasi game edukasi anak di atas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin memberikan hadiah pada si kecil berusia 7 tahun. Yuk, kembangkan bakat dan minat si kecil sesuai dengan apa yang mereka sukai sejak dini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *