Ibu bahagia bagus untuk pertumbuhan janin – Beberapa hari yang lalu tepatnya setiap pada tanggal 22 desember kita di seluruh dunia merayakan yang namanya hari ibu. Oleh karena itu pada postingan kali ini ItikBali.com ingin mendedikasikan khusus untuk sosok ibu yang melahirkan, merawat dan mengadung kita selama sembilan bulan sembilan hari.

Pertumbuhan Janin

Pada saat saat hamil mungkin itu menjadi masa yang berat untuk ibu kita yang mengandung kita 9 bulan 9 hari dalam perutnya. Dari beberapa artikel yang kubaca ternyata pada saat mengandung kondisi psikologis ibu yang bahagia dan jarang menangis sedih itu berpengaruh terhadap pertumbuhan janin yang baik dan juga berkemungkinan lebih besar bisa melahirkan secara normal dan lancar. Dari ibu yang bahagia lahirlah anak yang sehat.

Oleh karena itu pada artikel kali ini aku ingin menghimbau untuk teman-teman semua terlebih lagi yang mau memiliki adik atau ibunya sedang hamil, bahagiakanlah ibu kalian dan rawatlah ibu kalian. Dan juga untuk kalian yang saat ini menjadi suami dari seorang istri yang sedang hamil, jangan sampai membuat istri kalian yang sedang hamil itu bersedih atau galau.

Salah satu yang penting ialah jangan biarkan ibu yang sedang hamil sendirian karena menurut beberapa penelitian bahwa masa paling sulit untuk ibu adalah mengatasi depresi saat dia sendirian. Tanda-tanda yang biasa dialami oleh ibu hamil yang depresi ini adalah perasaan sedih, pesimis mengenai masa depan, merasa tidak bertenaga dan kurang semangat. Banyak yang beranggapan bahwa perasaan depresi saat hamil dan menyusui adalah keadaan yang wajar dan ketika ibu mengeluhkan suasana perasaannya, ia mungkin akan dipandang tidak mampu menjadi ibu yang baik dan itu berpengaruh terhadap keadaan psikologis sang ibu tersebut.

Seperti yang aku tulis diatas , ibu yang hamil dan dalam keadaan bahagia berdampak baik untuk pertumbuhan janin maka justru sebaliknya jika ibu saat hamil sedih dan sering menangis bisa berdampak kurang baik juga untuk pertumbuhan janin. Semisal jika ibu hamil tersebut sedang sedih tentu itu akan mempengaruhi tidur sang ibu dan juga berpengaruh terhadap nafsu makan sang ibu. Hal ini dapat berakibat pada meningkatnya risiko bayi lahir dengan berat yang rendah. Bayi berat lahir rendah (BBLR) bisa menjadi sebab berbagai masalah kesehatan, diantaranya seperti hambatan perkembangan psikologis, stunting (kerdil), berkembangnya penyakit kronis, dan bahkan kematian bayi dan anak.

Selaian memastikan ibu yang bahagia saat hamil juga harus dilengkapi asupan makanan atau nutrisi yang bagus untuk ibu hamil guna menunjang pertumbuhan janin yang sehat. Seperti misalnya yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil ialah sebenarnya makanan sehari-hari namun juga bisa ditambah dengan vitamin atau suplemen jika dirasakan masih kurang . Namun yang perlu diperhatikan ialah untuk urusan nutrisi dan asupan untuk ibu hamil anda bisa berkonsultasi dulu terhadap dokter atau bidan tempat ibu biasanya periksa kehamilannya karena mungkin saja keperluan si ibu berbeda beda dan juga pada pertembuhan janin pada tiap bulannya juga ternyata memiliki keperluan nutrisi yang berbeda beda sesuai pertumbuhannya. Misalnya pada awal awal kehamilan sebulan pertama asupan yang diperlukan oleh ibu hamil ialah asam folat.

Asam folat bisa didapat dari makanan seperti telur, kacang kacangan,sayur sayuran, jeruk , kentang dan brokoli. Selain itu juga ibu hamil memerlukan perbanyak makan daging yang diolah dengan baik dan juga perbanyak konsumsi buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *